Selasa, 27 Desember 2011

Its about Reggae with Joe Ganjales


Reggae… Hmmm saya rasa sudah banyak orang Indonesia yang mengenal musik ini. apalagi reggae juga sempat booming beberapa waktu lalu dengan band macam steven and coconut treez, Richard the gillis , the paps ,tony q dll…Waktu itu Reggae hampir tak pernah absen diputer di sudut-sudut kota sampai ke pelosok desa(desa - desa yang sudah terjangkau oleh listrik tentunya hehehe)…meskipun akhir-akhir ini pergerakan musik ini jarang terekspos kamera televisi namun sepertinya musik ini makin berkembang…Coba saja tengok hampir setiap kota di Indonesia sekarang ini punya band reggae…Bandung sebagai salah satu kota Indonesia tak juga ketinggalan dalam meramaikan reggae tanah air…Salah satu band reggae asal bandung adalah Los ganjales…Sebuah band akustik reggae dari kota kembang dan secara kebetulan saya bisa mewawancarai salah satu personelny yaitu Joe Ganjales…wawancara saya berkutat soal reggae dan yang melingkupinya…Berikut wawancara saya (selamat menikmati)…

Saya:
selamat siang mas joe???
pertanyaan pertama buat anda???
Reggae itu apa sih ???
Joe Ganjales
selamat kesiangan juga...
reggae itu movement of jah people kalo kata kata para reggaeman yg ada d daerah afrika dan jamaika...
tapi sekarang d indonesia sudah berubah arti jadi cuma sekedar musik yang selalu di hubungkan dengan ganja...
fuck buat org2 yg menganggap reggae selalu harus ganja, rambut gimbal...


Saya:
kalo menurut anda sendiri apa sih tujuan dari movement of jah people itu???...apa menjalin persatuan dan kesatuan sesama orang afrika baik yg ada di afrika maupun amerika atw malah yg lain???
Joe Ganjales
kalo mereka sudah bicara mengenai anti rasisme dan anti fasisme jauh sebelum para tokoh anti rasis dan anti fasis dunia bicara. karena mereka bangsa yang lama sekali mengalami penindasan baik secara fisik maupun mental jadi musik dan lagu yg mereka perdengarkan selalu berbicara ttg kesama rataan dan kesetaraan, filosofi mereka ttg kata damai dan setara itu cukup mendalam karena berdasarakan pengalaman mereka sehari - hari...




Saya:
yang saya tangkap dari penjelasan anda diatas adalah musik reggae itu adalah semacam media pendidikan sekaligus hiburan bagi pendengarnya...orang yang mendengar jadi tahu apa yang menjadi haknya...jadi tahu apa yang semestinya tidak terjadi dalam tatanan kehidupan dunia...jadi tahu apa yang mestinya dilakukan...
betul apa salah ???
Joe Ganjales
haha... silahkan ambil kesimpulan menurut versi anda tapi reggae atau apapun itu namanya selalu mengajak setiap kita untuk selalu menciptakan satu tatanan dunia yang damai, sama rasa, sama rata, setara tanpa ada penindas dan yang di tindas...


Saya:
Bagaimana pendapat anda tentang negara Indonesia...sudahkah tatanan dunia yang damai, sama rasa, sama rata, setara tanpa ada penindas dan yang di tindas itu terwujud???
Joe Ganjales
Indonesia... hahahahaha.... negara pelawak dan dagelan...


Saya:
lagu reggae yang cocok untuk Indonesia apa judulnya???...
Joe Ganjales
kalo mas tony bikin lagu judulnya republik sulap... kalo los ganjalez bikin lagu judulnya republik pelawak...


Saya:
trus sebenarnya peran ganja dan rambut gimbal dalam reggae itu apa sih???
Joe Ganjales
buat kaum2 reggaeman ganja adalah salah satu sarana penting untuk mereka supaya bisa bertemu dengan "JAH" atau Tuhan...
rambut gimbal adalah simbol dari singa yehuda... kita sering dengar d hampir setiap lagu selalu disebutkan "LION OF JUDAH"... dan bagi mereka rambut gimbal itu menggambarkan bahwa mereka adalah para pejuang kebebasan bagi kaumnya...
jadi buat ygbelum tau arti ganja dan rambut gimbal silahkan pertimbangkan kembali keputusan mereka...


Saya:
oh jadi begitu ya...
Ganja ternyata media yang sakral bagi reggaeman...bukan cuma untuk seneng2...
Rastafarian sndiri itu sebenarnya agama atau apa???
malah ada juga yang bilang rastafarian itu Black christianity (nasraninya afrika)...bgmn menurut km???
Joe Ganjales
well... sebenarnya rastafari itu semacam sekte agama dan memang sampe hr ini cukup banyak pengikutnya dan salah satunya saya... dan saya kurang setuju kalo d bilang black christiany karena kaum rastafarian terbagi jadi dua...
ada rastaman atau yg disebut kaum brahmana klo d hindu...
dan reggaeman...
rastaman itu terbebas dari ganja, alkohol dan semua hal yg berbau negatif di dunia ini...
dan reggaeman itu hanya rakyat biasa tapi tidak ada perbedaan kasta ketika mereka bersinggungan di kehidupan sehari-hari...
pengkastaan terjadi kala akan menjalani sakramen ibadah saja.... lain tidak...


Saya:
kalo di daerah sktr anda sndiri ada brp kira2 pengkutny???
kl ad yg mau bljr ttg rastafarian ada rujukan gk mesti kmn gt???
Joe Ganjales
haha... gatau tuh... pertama kali saya mulai tau ttg skte ini waktu saya dngan ayah saya berkunjung k mozambique dan dsana saya belajar banyak mengenai rastafarian itu apa dan bagaimana... buat yg mau sekedar tuker pikiran dengan saya juga bole2.. aja...


Saya:
apa seorang yang mengaku reggaeman mesti harus menjadi rastafarian???...
arti kata rastafara tuh sebenarnya apa ya???
perasaan smakin hari skin bnyk org pake nama rastafara di belakangnya...hehehe
Joe Ganjales
ini juga masih salah kaprah klo dsni... artian kaum rastafarian itu lebih jauh dan kalau mau ditelusurin cukup pusingjuga sih... karena memang banyak versi...
seharusnya kalau mengaku reggaeman ya sudah pasti mereka adalah kaum rastafarian... dan itu harga mati...


Saya:
apa pndpt anda anda ttg makin bnykny orang memakai nama rastafara dibelakang namanya???
Joe Ganjales
pendapat saya sih ya tergantung mereka mengerti atau tidak mengenai nama tersebut tapi buat saya pribadi mungkin akan berpikir lagi sebab tidak gampang untuk menggunakan tersebut karena ada satu beban moral dan konsekwensinya..


Saya:
mengenai musik reggae di indonesia bagaimana pendapat km???
Joe Ganjales
klo bicara musik saya mau sedikit curhat... belum terlalu variatif karena kebanyakan masih berpatokan dengan bob marley, jd masih ada semacam penokohan tp bebaskan... perkembangannya d indonesia cukup lumayan dan semakin hari semakin banyak yang mulai memainkan musik ini...


Saya:
iya sih saya juga measakanya dulu jarang-jarang ada yang mainin reggae sekarang hampir setiap kota di indonesia ada band reggaenya...kalo dari pengalaman manggungkkamu yang paling berkesan pas maen dimana???
bisa cerita kenapa kok berkesan???
Joe Ganjales
maen dmn aja selalu ada ceritanya...
tp yg paling berkesan bgt wktu maen d salah satu bar d bdg, wktu itu event komunitas jd barnya itu 2 lantai pas saya lagi asik nyanyi tiba2 ada yg jatoh dr lantai 2 k depan saya bgt dan saya nyanyi sambil ketawa... ternyata dia mabux... hahaha...


Saya:
hakakakaka ada-ada aja untung aja gk ketimpa km...
kalo dalam komunitas reggae bandung sndr ada gak yang namanya senioritas???...
Joe Ganjales
mmm... emang harus musim ya senioritas??


Saya:
senioritas itu gak perlu ada yang ptg saling menghormati sesama..
hohoho...
di bandung tempat ngumpulnya komunitas reggae di mana???
Joe Ganjales
d bdg mencar2 sih... soalnya teman2 d bdg pd sibuk ma kegiatan masing2... paling klo ada gigs bru ngumpul smua...

Terima kasih joe sekian wawancara dari saya...
Jah bless you...woyoooooo hahahahaha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar